Sebanyak 3702 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian

Pendekatan Kuantitatif

Pengetahuan tentang penelitian menjadi persyaratan penting bagi lulusan perguruan tinggi untuk dapat memberikan kontribusi ilmiahnya. Tidak hanya bagi yang sudah lulus, tapi juga bagi yang belum lulus; pengetahuan tentang penelitian merupakan sarana bagi kelancaran mereka yang tengah menyelesaikan skripsi, tesis, bahkan disertasi. Untuk keperluan tersebut dibutuhkan banyak buku penelitian sebagai rujukan. Keunikan buku ini dibanding buku-buku sejenis lain adalah sifatnya yang aplikatif. Agar mudah diaplikasikan maka pembahasan setiap materi dalam buku ini dilengkapi contoh-contoh dengan variabel yang dekat dengan kehidupan sehari-hari mahasiswa. Pembahasan secara komprehensif dan aplikatif dengan contoh dan ilustrasi yang kontekstual ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan pemakai buku penelitian yang pada dasarnya tidak hanya ingin memahami teori tapi ingin dapat melakukan penelitian. Metode kuantitatif lebih mewarnai isi buku ini karena penulis menganggap bahwa konsep berfikir obyektif dan realistis menjadi landasan untuk mengembangkan disiplin ilmu apapun.

Pengetahuan tentang penelitian menjadi persyaratan penting bagi lulusan perguruan tinggi untuk dapat memberikan kontribusi ilmiahnya.

Metodologi Penelitian Pendidikan dan Palikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Karakteristik dan perkembangan psikologi yang khas, membuat proses belajar dan mengajar bagi anak usia dini menjadi khusus. Kekhususan tersebut tak hanya terletak dalam ragam aktivitas yang digunakan (sebagai media menyampaikan pelajaran) seperti bermain, bernyanyi, menggunting, dan menyusun balok, tetapi juga dalam metode asesmen dan penelitian. Dalam kaitan khusus tersebutlah buku ini, berbicara lugas tentang metodologi penelitian bagi anak usia dini dalam tiga bagian. bagian awal buku ini menyajikan pengantar penelitian pendidikan secara umum, di bagian kedua: pengantar penelitian kelas dan langkah demi langkah penyusunan proposal penelitian. Dan bagian ketiga, sebagai penutup: aplikasi penelitian tindakan kelas dan bagaimana menyusun laporan hasil penelitian.Ê *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Karakteristik dan perkembangan psikologi yang khas, membuat proses belajar dan mengajar bagi anak usia dini menjadi khusus.

Metodologi Riset di Bidang TI

(Panduan Praktis, Teori dan Contoh Kasus)

Setiap bab buku ini berisi pembahasan materi untuk mengantarkan dan mengarahkan pikiran pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan penanaman konsep yang telah dibahas. Di bagian belakang juga tersedia glosarium yang berguna untuk membantu pencarian konsep dan defi nisidefinisi penting untuk memahami isi buku ini. Dengan demikian, setiap mengakhiri pembahasan pada tiap babnya, pembaca diharapkan telah memperoleh pengetahuan yang benar, lengkap, dan mantap, serta mempunyai keterampilan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Selain itu, buku ini juga menguraikan berbagai teknik pengumpulan data, analisis data dengan analisis korelasi dan regresi, serta penggunaan analisis jalur, pengujian hipotesis, dan ruang lingkup penelitian ilmu-ilmu komputer.

Setiap bab buku ini berisi pembahasan materi untuk mengantarkan dan mengarahkan pikiran pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan penanaman konsep yang telah dibahas.

Metodologi Penelitian Bidang Pendidikan

Manusia diberikan karunia rasa ingin tahu yang terus berkembang sehingga selalu berupaya memahami diri sendiri dan fenomena yang ada di lingkungan sekitarnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penelitian. Melalui penelitian manusia berupaya menjawab pertanyaan dari fenomena yang menjadi minat dan perhatian melalui proses yang sistematis. Penelitian telah digunakan di banyak bidang. Salah satu bidang tersebut adalah pendidikan. Penelitian digunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan terkait fenomena yang ditemukan dalam bidang pendidikan. Pada buku ini akan membahas lebih detail tentang: Konsep Dasar Penelitian Kode Etik dalam Penelitian Kajian Literatur dan Masalah Penelitian Plagiarisme dan Manajemen Referensi Hipotesis Penelitian & Teknik Analisis Metode Penelitian Deskriptif: Korelasi & Ex Post Facto Metode Penelitian Eksperiment Pendekatan Penelitian Naturalistik/Kualitatif Metode Penelitian Studi Kasus Metode Penelian PTK Analisis Data Kualitatif

Manusia diberikan karunia rasa ingin tahu yang terus berkembang sehingga selalu berupaya memahami diri sendiri dan fenomena yang ada di lingkungan sekitarnya.

METODOLOGI PENELITIAN Disertai Dengan Contoh Penerapannya Dalam Penelitian

Buku ini ditulis dengan judul Metodologi Penelitian, Disertai Contoh Penerapannya dalam Penelitian dan berisi mengenai konsep, pendekatan, metode serta teknik penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif, yang dilengkapi dengan contoh-contoh penerapannya dalam penelitian, Buku ini disusun dengan tujuan agar bisa digunakan menjadi salah satu referensi dalam mata kuliah Metodologi Penelitian, baik sebagai referensi utama atau pendukung. Penulis sudah berpengalaman dalam mengajar mata kuliah ini lebih dari 10 tahun untuk jenjang Strata 1 dan telah banyak menghasilkan penelitian . Buku ini cocok digunakan juga bagi mahasiswa yang sedang menulis karya ilmiah, karena ada banyak contoh-contoh yang diberikan. Buku ini berisi 11 bab yang berisi penelitian dan klasifikasinya, proses penelitian untuk penelitian dan kuantitatif dan kualitatif serta contoh artikel hasil penelitian kualitatif. Hampir setiap bab disertai dengan contohcontoh hasil penelitian, terutama yang dilakukan oleh penulis sendiri. Tujuannya adalah agar penulis bisa berbagi pengalaman atas penelitian yang sudah dilakukan kepada mahasiswa dan pembaca buku ini pada umumnya.

Buku ini ditulis dengan judul Metodologi Penelitian, Disertai Contoh Penerapannya dalam Penelitian dan berisi mengenai konsep, pendekatan, metode serta teknik penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif, yang dilengkapi dengan contoh ...

Metodologi penelitian sastra

epistemologi, model, teori, dan aplikasi

Method in sociology of literature in Indonesia.

Di samping persoalan metode , ihwal obyek penelitian kadang - kadang juga
masih timpang . Biasanya peneliti sastra ... Setidaknya , akan menjadi tantangan
untuk meningkatkan intensitas manajemen penelitian sastra . Oleh karena boleh
 ...

Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis. Namun demikian, tidak dapat dielakkan adanya pengaruh kuat dari pendekatan dalam penelitian kuantitaif atau kualitatif. Dalam penelitian ilmu sosial, pendekatan kuantitatif dan kualitatif sudah berkembang sekitar tahun 1960-an sehingga para pakar tidak lagi mempersoalkannya. Bahkan, terdapat kecenderungan adanya kesesuaian metodologis terhadap topik penelitian meskipun tidak dimungkiri sebagian pakar khususnya di Indonesia masih terpetak-petak dalam kubu kuantitaif dan kubu kualitatif. Sering kali pakar kuantitatif dalam bidang ilmu-ilmu sosial menjadi fanatik dan bertolak belakang dengan kubu kualitatif yang menganggap pendekatan kualitatif sebagai penelitian yang tidak obyektif, subyektif, tidak representatif, dan tidak reliable. Buku yang terdiri atas delapan bab ini akan mengajak pembaca memahami seluk beluk metodologi penelitian kualitatif dalam ranah pendidikan, sosial, kebudyaan dan keagamaan. Buku ini akan lebih jauh mengulas metode penelitian kualitatif sebagai salah satu tipe penelitian yang tidak kalah populer dan kredibel dengan tipe kuantitatif.

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis.

Metodologi Penelitian Kualitatif

Paradigma, Metode, dan Aplikasi

Secara filosofis, metodologi penelitian merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana prosedur kerja mencari kebenaran.Prosedur kerja mencari kebenaran sebagai filsafat dikenal dengan sebutan epistimologi. Kualitas kebenaran yang diperoleh dalam berilmu pengetahuan terkait langsung dengan kualitas prosedur kerjanya. Berdasar uraian inilah sebelum mengulas lebih lanjut mengenai metodologi penelitian kualitatif, akan diuraikan terlebih dahulu dasar memahami paradigma penelitian yang beragam. Hal ini dimaksudkan agar peneliti lebih mudah memahami bahwa metodologi penelitian yang berbeda itu mendasarkan kepada filsafat ilmu yang berbeda, sehingga menuntut langkah kerja yang berbeda.

Berdasar uraian inilah sebelum mengulas lebih lanjut mengenai metodologi penelitian kualitatif, akan diuraikan terlebih dahulu dasar memahami paradigma penelitian yang beragam.

Laporan Lokakarya Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Bidang Kelangsungan Hidup Anak Di Indonesia

Menghubungkan Pengetahuan dengan Tindakan Hampiran Proses belajar
menghendaki suatu hubungan langsung yang terus menerus antara
perencanaan , manajemen pelaksanaan , kegiatan operasional dan kegiatan
evaluasi . Semua ...

PEDOMAN METODOLOGI PENELITIAN

( Statistika Praktis)

Buku ini sangat pas untuk di gunakan para peneliti dan mahasiswa untuk melakukan penelitian baik untuk penelitian kwalitatif maupun kwantitatif dengan pendekatan statistik

Buku ini sangat pas untuk di gunakan para peneliti dan mahasiswa untuk melakukan penelitian baik untuk penelitian kwalitatif maupun kwantitatif dengan pendekatan statistik